Fungsi Microwave

 

Pada dasarnya fungsi utama oven microwave adalah sama dengan kompor yaitu menaikkan suhu makanan. Karena makanan akan masak pada suhu tinggi maka microwave dapat digunakan untuk memasak makanan, mencairkan makanan beku dari freezer atau sekedar menghangatkan makanan dingin. 

Namun karena cara kerja microwave menggunakan gelombang mikro, sedangkan kompor menggunakan api, maka cara memasak makanan dengan kompor juga sangat berbeda dengan microwave, sehingga dalam penerapannya microwave tidak dapat disamakan dengan kompor.  

 

 

Hal ini juga berimbas kepada cara memasak makanan dengan microwave. Banyaknya kadar air pada setiap bahan penyusun makanan akan merubah cara memasak dengan microwave. Misalnya menggoreng ikan seperti menggoreng ikan dengan minyak goreng dan penggorangan di atas kompor tidak dapat dilakukan dengan microwave, tetapi memberi ikan yang sudah dibumbui dapat diletakkan di atas piring yang mengandung minyak panas dan dimasukan ke microwave, untuk menghasilkan rasa yang menyerupai ikan yang digoreng diatas kompor. Karena memasak masing-masing jenis makanan dengan microwave memiliki cara yang berbeda, perhatikanlah baik-baik petunjuk cara memasak masing-masing jenis masakan tersebut dengan microwave.