Menulis Pesan Singkat

Pengertian Pesan Singkat

Dalam kegiatan berkomunikasi sehari-hari, kita sering memiliki keterbatasan waktu dan ruang. Untuk itu diperlukan media komunikasi yang efektif, cepat, dan murah. Pesan yang ingin kita sampaikan dalam komunikasi tersebut bisa secara langsung bisa pula melalui media komunikasi. Media komunikasi yang kita kenal dewasa ini di antaranya media tulis menulis yang menggunakan kertas dan media elektronik.

Tidak terbayang sebelumnya bahwa kini kita dapat mengirimkan pesan melalui media komunikasi elektronik seperti handphone. Sebelumnya kita mengirim pesan melalui radio panggal atau biasa disebut penyeranta (paging).

Teknologi semakin maju, kini kita pun bisa mengirim tidak hanya pesan teks, tetapi juga pesan gambar, foto, bahkan video dan lebih canggih lagi dilengkapi dengan suara. Kesemuanya itu untuk kemudahan komunikasi antarmanusia.

Jauh sebelum itu sudah ada telegram sebagai alat penyampai pesan singkat secara cepat. Kesemuanya itu kita gunakan bila tempat antara pengirim dan penerima berjauhan. Bisa berbeda antarkota ataupun antarnegara. Bila dalam satu daerah ataupun gedung dan ruang kita bisa menggunakan memo atau memorandum.

SMS, telegram, ataupun memo kita kirimkan bila kita tidak bersemuka dengan orang yang akan kita kirimkan pesan. Pesan singkat adalah pesan yang disampaikan secara singkat dengan mengutamakan hal-hal pokok saja. Dalam pesan singkat hanya hal-hal yang penting saja yang disampaikan. Langsung kepada permasalahan berbeda dengan surat harus ada pendahuluan, isi, dan penutup
.

Macam-macam pesan singkat

Macam-macam pesan singkat yaitu:

  1. memo
  2. Short Message Service (SMS)
  3. Telegram


Memo atau memorandum adalah pesan singkat yang disampaikan secara tertulis oleh seseorang untuk orang lain yang sedang tidak berada di tempat.




Short Message Service (SMS)
adalah pesan singkat yang disampaikan melalui perangkat telepon selular. Sedangkan telegram adalah pesan singkat yang dikirimkan melalui alat yang dinamakan telegraf. Sekarang telegram sudah hampir tidak digunakan lagi.

Penggunaan pesan singkat melalui layanan SMS dewasa ini berkembang pesat. Berbagai operator selular banyak yang memberikan berbagai kemudahan tentunya dengan tarif yang bersaing.Begitu pula kini SMS banyak disalahgunakan untuk tujuan-tujuan yang tidak benar.