Aplikasi pengolah Gambar

Mengatur Tampilan Jendela Paint

Kita dapat mengatur tampilan jendela paint agar sesuai dengan kebutuhan dan keperluan kita. Yang dimaksud mengatur tampilan jendela paint adalah mengatur ditampilkan atau tidak ditampilkannya bagian-bagian dari jendela paint sehingga kita mempunyai jendela paint dengan bagian-bagian yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Pada sub menu ini, dibahas bagaimana mengatur tampilan jendela paint.

Untuk mengatur lembaran kerja agar tampil lebih besar atau lebih kecil digunakan perintah Zoom. Bila kita memperbesar tampilan lembaran kerja, maka teks dan gambar yang terdapat di lembaran kerja tersebut akan kelihatan lebih besar, namun bagian lembaran kerja yang dapat ditampilkan di layar monitor akan lebih sedikit.

Sebaliknya, apabila kita memperkecil tampilan lembar kerja, maka teks dan gambar yang terdapat di lembaran kerja akan kelihatan lebih kecil, namun bagian lembaran kerja yang ditampilkan akan lebih banyak.

Langkah-langkah yang dapat diikuti untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembaran kerja adalah sebagai berikut : Dari menu View, klik Zoom. Kotak dialog Zoom akan ditampilkan. Pilihlah perbesaran yang diinginkan. Klik tombol Ok.

 

Program Paint mempunyai 6 buah menu, masing-masing menu serta beberapa perintah yang paling sering digunakan di menu tersebut akan dijelaskan satu persatu berikut ini.

Menu File

Menu File memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan file-file lembaran kerja. Perintah yang terdapat di menu file antara lain:

membuka dokumen atau lembar kerja baru yang masih kosong (New), membuka file atau dokumen yang telah disimpan (Open), menyimpan dokumen ke harddisk atau disket atau flash disk (Save), menyimpan dokumen dengan nama lain atau format lain (Save As), menyimpan dokumen dari scanner atau camera (From Scanner Or Camera), melihat tampilan dari dokumen yang akan dicetak (Print Preview), mengatur tampilan halaman yang akan dicetak (Page Setup), mencetak dokumen dan mengatur printer (Print), mengirim dokumen (Send), mengatur dokumen menjadi latar belakang tampilan desktop penuh (Set As Background (Tiled)), mengatur dokumen menjadi latar belakang tampilan desktop posisi ditengah (Set As Background (Centered)), dan keluar program Paint (Exit), seperti terlihat pada gambar 4.5

Menu Edit

Menu Edit memuat perintah-perintah untuk melakukan pengeditan lembaran kerja. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu edit antara lain: Undo, Repeat, Cut, Copy, Paste, Clear Selection, Select All, Copy to, dan Paste From. Seperti terlihat pada Gambar 4.6.

Menu Image

Menu Image memuat perintah-perintah untuk menentukan rotasi ketegakan dan kemiringan gambar pada lembaran kerja. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu image antara lain: Flip/Rotate, Stretch/Skew, Invert Colors, Attributes, Clear Image, dan Draw Opaque. Seperti terlihat pada Gambar 4.8.

Menu Colors

Menu Colors menyediakan aneka warna untuk berkreasi. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu colors adalah Edit Colors. Seperti terlihat pada Gambar 4.9.

Menu Colors, Submenu Colors, dan Fungsinya

Edit Colors mengatur warna kreasi

Menu Help

Menu Help menyediakan fasilitas pertolongan pada permasalahan yang terjadi pada program aplikasi pengolah gambar. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu help antara lain terdiri dari Help Topics dan About Paint. Seperti terlihat pada Gambar 4.11.